Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Wamendikdasmen Fajar: Pendidikan Karakter Kunci Hadapi Era Digital
Wamendikdasmen Fajar: Pendidikan Karakter Kunci Hadapi Era Digital

Diterbikan pada: 24 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Palembang, 25 September 2025 – Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, dalam kunjungan kerjanya, memiliki kesempatan hadir untuk memberikan kuliah umum yang bertajuk “Peran Dai Digital dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Era Transformasi Pendidikan” di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatra Selatan pada Rabu (24/9). 

Dalam kuliah umum tersebut, Wamendikdasmen, Fajar Riza Ul Haq, menegaskan pentingnya peran media digital dalam kehidupan generasi muda serta tantangan besar yang dihadapi pendidikan karakter di era transformasi teknologi.

“Anak-anak kita hari ini sejak usia dini sudah diasuh oleh media sosial. Pola pengasuhan digital ini berdampak pada pertumbuhan sosial-emosional yang melambat, komunikasi yang melemah, bahkan muncul fenomena brain rot ketika anak-anak malas berpikir karena menyerahkan seluruh proses kognitif kepada mesin,” ujar Wamen Fajar pada acara Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) yang dihadiri sekitar 100 peserta ini berlangsung dalam suasana interaktif dan penuh antusiasme.

Ia menjelaskan bahwa cara kerja algoritma media sosial sering kali hanya mengedepankan keterlibatan (engagement) tanpa mempertimbangkan nilai kebenaran. Hal tersebut membuat konten singkat yang emosional lebih cepat populer dibandingkan konten mendalam yang bermakna. “Tantangan kita adalah bagaimana membuat konten yang tidak hanya menarik, tetapi juga mencerahkan, membangun karakter, serta menanamkan nilai moral,” tegasnya.

Wamen Fajar juga mengingatkan bahwa perkembangan teknologi digital bahkan mulai diadopsi dalam praktik-praktik keagamaan di berbagai belahan dunia. Di Eropa, misalnya, sejumlah gereja telah bereksperimen menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam pelayanan doa dan liturgi. Fenomena ini menjadi peringatan bahwa agama pun tidak bisa lepas dari dinamika teknologi.

Namun, ia menegaskan pentingnya menjaga esensi nilai spiritual dan kedalaman ajaran agama di tengah digitalisasi. “Pencerahan yang dibawa agama tidak boleh kalah oleh sekadar viralitas. Konten keagamaan di media sosial harus membangun persatuan, bukan memecah belah,” ungkap Wamen Fajar, merujuk hasil riset yang menunjukkan bahwa konten keagamaan di media sosial kerap menimbulkan polarisasi.

Lebih lanjut, Wamen Fajar menekankan pentingnya pembelajaran mendalam (deep learning) yang menjadi salah satu strategi Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) saat ini. Melalui pendekatan tersebut, peserta didik diharapkan mampu berpikir kritis, memiliki rasa ingin tahu, dan memahami makna dari setiap pengetahuan yang dipelajari. “Pendidikan karakter pada akhirnya adalah membentuk anak-anak menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga bijak, beradab, dan mampu mengendalikan diri di tengah derasnya arus digital,” jelas Wamen Fajar.

Sebagai langkah konkret, Kemendikdasmen mulai memperkenalkan mata pelajaran pilihan Kecerdasan Buatan sejak kelas V SD. Program ini bertujuan menumbuhkan literasi digital, etika berteknologi, serta kesadaran kritis terhadap manfaat dan risiko teknologi. “Kami ingin anak-anak memahami bahwa teknologi bukan sekadar hiburan, tetapi juga memiliki dampak besar terhadap pembentukan karakter. Karena itu, mereka perlu dibekali dengan apa yang kita sebut sebagai keadaban digital,” ungkapnya.

Dalam penutupnya, Wamen Fajar menggarisbawahi peran strategis dai digital dalam memperkuat pendidikan karakter. Menurutnya, dai digital tidak hanya bertugas menyampaikan pesan agama, tetapi juga membimbing generasi muda dengan bahasa yang sesuai zaman. “Jika kita tidak hadir di ruang digital dengan konten yang benar, anak-anak akan mencari jawaban sendiri di mesin pencari atau chatbot. Dai digital adalah garda depan yang harus memastikan pesan agama dan nilai karakter tersampaikan dengan tepat,” pungkas Wamen Fajar.*** (Penulis: Ririn R/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Yuswan R.)

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen 
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen 
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 587/sipers/A6/XI/2025

Penulis: Ririn Ramandani

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Wamendikdasmen Atip Tinjau Progres Revitalisasi Sekolah di 3 Satuan Pendidikan Sulawesi Selatan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen

Diterbitkan pada : 25/09/2025

Gambar Konten Terkait
Fitur Ramah Disabilitas Papan Interaktif Digital Mudahkan Belajar Murid Tunanetra

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi

Diterbitkan pada : 24/09/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Dorong Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi melalui Pembelajaran Mendalam

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Diterbitkan pada : 24/09/2025