Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Mendikdasmen Dorong Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi melalui Pembelajaran Mendalam
Mendikdasmen Dorong Peningkatan Kompetensi Guru Vokasi melalui Pembelajaran Mendalam

Diterbikan pada: 24 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Cimahi, 24 September 2025 - Peningkatan mutu pendidikan merupakan sebuah keniscayaan karena dunia terus berubah secara cepat. Hard skills dan soft skills harus menjadi bekal generasi penerus bangsa karena dengan soft skills para murid bisa bertransformasi ke berbagai hal. Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, menekankan bahwa pendidikan harus meningkat secara kualitas sehingga bisa menghasilkan generasi yang berkualitas. 

“Tidak semua hal akan dipelajari di sekolah. Dengan kemampuan soft skills murid bisa memiliki bekal untuk melihat dunia yang berubah, bertahan di dunia yang berubah, dan belajar hal baru yang tidak diajarkan di sekolah,” ucap Abdul Mu’ti dalam Kegiatan Pelatihan Pembelajaran Mendalam bagi Guru Kejuruan Provinsi Jawa Barat dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Vokasi Tahun 2025 Angkatan 13, di Cimahi, Provinsi Jawa Barat pada Senin (22/9).  

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) terus memperkuat kompetensi guru vokasi agar lebih relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta mendukung terciptanya lulusan pendidikan vokasi yang adaptif, kompeten, dan berdaya saing global.

 

Penguatan Kompetensi Guru Vokasi

Menteri Mu’ti juga menekankan bahwa SMK ke depan harus memperkuat soft skills, salah satunya dengan pembelajaran mendalam. Pendekatan mendalam merupakan sebuah pendekatan pembelajaran partisipatif ketika murid belajar dan terlibat untuk menemukan atau menciptakan ilmu. 

Guru sebagai fasilitator pembelajaran itu adalah bagian dari pembelajar. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan partisipatif, yakni guru menjadi bagian dari proses pembelajaran yang ada. SMK adalah satuan pendidikan yang diharapkan tidak hanya menyiapkan SDM yang terampil, tetapi juga yang bisa menciptakan lapangan kerja baru dengan kemampuan yang mereka pelajari di bangku SMK. 

“Kalau Anda ingin memperbaiki peradaban suatu bangsa, maka perbaikilah pendidikan. Apabila Anda ingin memperbaiki pendidikan, maka perbaikilah yang ada di dalam kelas. Pembelajaran mendalam memperkuat soft skills itu bagaimana mereka bisa menjadi pembelajar sepanjang hayat dan kreatif,” terang Mu’ti di hadapan 248 guru vokasi/kejuruan.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi PKPLK, Tatang Muttaqin, menuturkan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk menyelaraskan kompetensi guru dengan kebutuhan industri. Selain itu, program ini juga bertujuan meningkatkan keterampilan profesional, teknis kejuruan, serta memperkuat aspek pedagogik, kepemimpinan, dan kewirausahaan para guru. 

Peningkatan Kompetensi Guru (Upskilling dan Reskilling) ini diharapkan akan semakin mendekatkan lulusan vokasi dengan yang dibutuhkan DUDI sehingga bisa memastikan lulusan SMK akan semakin cepat terserap oleh DUDI. Oleh karena itu, guru vokasi harus terbuka dan belajar. Melalui inisiatif ini, diharapkan kualitas pembelajaran akan meningkat dan kemitraan yang kuat antara dunia pendidikan dan dunia kerja dapat terjalin.

“Pendidikan vokasi adalah tulang punggung dalam menyiapkan SDM yang siap kerja dan terampil. Jika guru semakin kuat kompetensinya, maka kualitas pembelajaran di kelas semakin meningkat dan hasilnya lulusan vokasi akan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja,” ucap Tatang. 

Pelaksanaan program ini manfaatnya dirasakan seluruh peserta, salah satunya adalah Muhammad Fawzi, guru SMKN 1 Karawang. Fawzi menuturkan bahwa guru SMK perlu untuk meningkatkan pengetahuan sesuai dengan perkembangan zamannya. Dengan adanya pelatihan ini, Fawzi bisa mengaplikasikan ilmu yang ia dapatkan pada proses pembelajaran di sekolahnya. 

“Kalau di sekolah kan terbatas sehingga kita butuh pelatihan-pelatihan semacam ini untuk upgrade ilmu. Dengan ilmu terbaru ini kita juga bisa menyiapkan lulusan-lulusan SMK yang benar-benar terampil baik sesuai kompetensi yang diambil maupun soft skills,” terang Fawzi. 

Dalam rangkaian ini, Mendikdasmen juga berkesempatan untuk meninjau sarana praktik yg digunakan untuk pelatihan upskilling dan reskilling yang dilanjutkan dengan peresmian sarana praktik pembangkit listrik tenaga surya. *** (Penulis & Dokumentasi: Tim Ditjen Vokasi PKPLK/Editor: Denty A., Seno H.)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X:x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 585/sipers/A6/IX/2025

Penulis: Denty Anugrahmawaty

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Guru Lebih Kreatif, Siswa Lebih Aktif: Kemendikdasmen Hadirkan Panduan dan Buku Kurasi STEM 2025

Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 24/09/2025

Gambar Konten Terkait
Perkuat Implementasi STEM, Kemendikdasmen Rilis Panduan dan Buku Hasil Kurasi Pembelajaran STEM

Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 24/09/2025

Gambar Konten Terkait
Evaluasi Bersama, Kemendikdasmen Gandeng Pemangku Kepentingan untuk Perkuat SPMB

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Diterbitkan pada : 24/09/2025