Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Pelaksanaan TKA Selesai, Peserta Didik Paket C Antusias Ikuti TKA
Pelaksanaan TKA Selesai, Peserta Didik Paket C Antusias Ikuti TKA

Diterbikan pada: 10 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Depok, 10 November 2025 - Hari terakhir Tes Kemampuan Akademik (TKA) ditutup dengan pelaksanaan peserta gelombang khusus yang diikuti oleh murid dari satuan pendidikan nonformal dan informal (SPNF) di seluruh Indonesia, Minggu (9/11). Mereka berharap hasil dan sertifikat nilai TKA menjadi pengakuan kesetaraan hasil belajar mereka.

Di SKB Kota Depok, TKA gelombang khusus diikuti oleh 240 peserta didik program Kejar Paket C atau setara SMA. Pelaksanaan TKA sendiri sudah berlangsung sejak Sabtu (8/11) dan sempat dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Tatang Muttaqin.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Tatang menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta dalam mengikuti TKA gelombang khusus ini. Menurut Tatang, TKA tidak hanya memiliki manfaat signifikan bagi murid sekolah formal, tetapi juga bagi peserta didik dari satuan pendidikan nonformal dan informal, baik sanggar kegiatan belajar (SKB) maupun pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). 

“TKA ini bisa sebagai penyetaraan jalur pendidikan dan memberikan kesempatan yang lebih setara bagi para murid dari lembaga pendidikan nonformal dan informal,” kata Tatang Muttaqin yang didampingi Direktur Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Informal (PNFI), Baharudin, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok pada Sabtu (8/11). 

Kepala SKB Kota Depok, Abdul Muit, mengatakan bahwa sejak awal pihaknya memang mendorong semua murid untuk mengikuti TKA sebagai pengakuan kesetaraan atas hasil belajar mereka selama ini. “Jadi, mereka tidak perlu pusing lagi untuk mendapatkan pengakuan penyetaraan,” ujar Abdul Muit.

Ikrar Ramadhan, salah satu peserta TKA, mengaku tak sabar menunggu hasil TKA. Meski tak ingin melanjutkan, ia berharap sertifikat nilai TKA miliknya bagus dan dapat digunakan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. “Tadi soalnya susah, terutama Bahasa Inggris.  Tapi optimis saja. Lega rasanya sudah bisa menyelesaikan TKA,” ujar Ikrar usai menyelesaikan TKA.

Sementara itu, Agustina sebagai salah satu peserta TKA tertua di SKB tersebut mengaku antusias mengikuti TKA karena ingin menantang kemampuan dirinya dalam belajar. Selain itu, ia juga ingin menginspirasi cucunya untuk giat belajar. “Saya ingin buktikan kepada anak dan cucu saya bahwa menuntut ilmu tidak bisa dibatasi usia,” kata Agustina yang saat ini sudah berusia 57 tahun. 

Agustina berharap, sertifikat nilai TKA yang ia peroleh bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena merupakan bukti pengakuan kesetaraan terhadap hasil belajar yang telah ia lakukan selama dua tahun terakhir.

Di PKBM Bina Insan Mandiri, Kota Depok, hari terakhir TKA diikuti oleh 43 peserta. Nur Rohim, Kepala PKBM Bina Insan Mandiri, berharap sertifikat hasil TKA nantinya tidak hanya menjadi bentuk pengakuan kesetaraan bagi warga belajarnya saja, tetapi juga membuktikan kemampuan dan daya saing warga belajar di PKBM yang juga dikenal sebagai sekolah Master ini.

Di lokasi berbeda, Direktur PNFI, Baharudin, saat meninjau pelaksanaan hari terakhir TKA di PKBM Sultan Hasanudin, Bekasi, Jawa Barat menyampaikan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan TKA untuk peserta didik nonformal dan informal berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. “Kami melihat antusiasme para peserta didik nonformal dan informal sangat luar biasa selama dua hari ini. Untuk itulah kami ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara serta dinas pendidikan dan pihak terkait atas pendampingan dan pembinaan selama ini,” kata Baharudin, Minggu (9/11).

Sebagai pengganti ujian kesetaraan bagi murid pendidikan nonformal dan informal, Baharudin akan terus mendorong lembaga penyelenggara pendidikan nonformal, termasuk PKBM-PKBM, untuk mengikuti TKA gelombang susulan. 

Sebagai informasi, gelombang khusus bagi warga belajar dari SPNF berlangsung selama dua hari, 8—9 November 2025. Total ada 130.538 peserta dari 6.128 SPNF di seluruh Indonesia yang terdiri atas SKB dan PKBM.*** (Penulis & Dokumentasi: Tim Ditjen Vokasi PKPLK/Editor: Denty A. Seno H.)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua 
#KemendikdasmenRamah
#TKAJujurGembira

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 767/sipers/A6/XI/2025

Penulis: Denty Anugrahmawaty

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kolaborasi Jadi Kunci Kesuksesan Redistribusi Guru ASND dan Pendidikan Inklusif

Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Diterbitkan pada : 10/11/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Ajak Generasi Muda Meneladani Nilai Kepahlawanan dengan Kerja Keras Meraih Prestasi

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 10/11/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Motivasi Guru dan Murid SIC: Terapkan 7 KAIH demi Ruang Belajar Partisipatif

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Diterbitkan pada : 10/11/2025