Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Kemendikdasmen Perkuat Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi untuk Ekosistem Pangan Nasional
Kemendikdasmen Perkuat Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi untuk Ekosistem Pangan Nasional

Diterbikan pada: 15 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 15 Oktober 2025 - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) mendorong integrasi antara literasi dan pendidikan vokasi untuk memperkuat ekosistem pangan nasional yang berkelanjutan. Kolaborasi lintas unit kerja ini melibatkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Badan Pangan Nasional, serta dunia usaha dan dunia industri (DUDI), dengan menghadirkan para kepala sekolah SMK percontohan dan guru vokasi. Gelar Wicara bertema “Integrasi Literasi dan Pendidikan Vokasi dalam Ekosistem Pangan Nasional” tersebut diselenggarakan di Graha Lantai 3, Kemendikdasmen, Jakarta, pada Selasa (14/10).

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin, sebagai narasumber utama, memaparkan bahwa Badan Bahasa memiliki peran strategis dalam mengembangkan dan memartabatkan bahasa Indonesia, melindungi bahasa daerah, serta memperkuat budaya literasi masyarakat. “Literasi tidak sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga memaknai. Bahasa Indonesia yang baik dan benar menuntun kita pada cara berpikir yang logis dan berpengetahuan,” ungkap Hafidz.

Ia juga menyampaikan terkait Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 2 Tahun 2025 tentang Pedoman Pengawasan Penggunaan Bahasa Indonesia, yang menjadi dasar penguatan penggunaan bahasa di ruang publik dan lembaga pendidikan. Selain itu, ia menyampaikan kabar membanggakan bahwa bahasa Indonesia kini telah diakui sebagai bahasa resmi dalam Sidang Umum UNESCO.

“Alhamdulillah, tahun ini bahasa Indonesia akan untuk pertama kalinya dikumandangkan dalam sidang umum UNESCO. Ini kebanggaan dan momentum penting bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Inovasi Literasi dan Penguatan Kompetensi Guru dan Siswa

Badan Bahasa juga terus berinovasi untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat, di antaranya melalui penyempurnaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang kini memuat lebih dari 208.000 kosakata, penerapan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD), dan pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Hafidz turut menjelaskan bahwa Program UKBI kini menjadi instrumen penting untuk mengukur kemampuan literasi guru dan siswa. Dalam program SMK Pusat Keunggulan (PK), setiap guru diwajibkan memiliki sertifikat UKBI sebagai bukti kompetensi berbahasa. “Dengan UKBI, kita dapat memastikan guru dan siswa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, yang menjadi dasar dalam berpikir kritis dan produktif,” tutur Hafidz.

Menutup kegiatan, Hafidz berharap agar sinergi antara literasi dan pendidikan vokasi dapat terus diperluas, menjadi gerakan nasional yang melibatkan seluruh pihak termasuk pemerintah, industri, sekolah, dan masyarakat.

“Integrasi literasi dan pendidikan vokasi bukan hanya program, tetapi gerakan bersama untuk menyiapkan generasi muda yang literat, terampil, dan mandiri. Dengan SDM yang unggul dan berkarakter, Indonesia akan mampu mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan bangsa,” pungkasnya.

Kolaborasi Lintas Sektor: Kunci Ketahanan Pangan

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber dari Badan Pangan Nasional yakni Direktur Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan, Rinna Syawal, yang turut menekankan pentingnya literasi pangan bagi generasi muda di era transformasi industri pangan. “Kita semua sejak lahir sudah makan, tapi belum tentu memahami makna dari pangan itu sendiri. Literasi pangan penting agar kita tidak sekadar makan, tetapi juga memahami manfaat dan nilai dari apa yang kita konsumsi,” tutur Rinna.

Menurut Rinna bahwa generasi muda memiliki peran strategis sebagai sumber daya manusia produktif, agen perubahan, penggerak inovasi, dan pemimpin masa depan. Namun, tantangan terbesar saat ini adalah pola konsumsi yang tidak sehat dan rendahnya kesadaran terhadap pangan lokal.

“Generasi muda kita, terutama Gen Z dan Gen Alpha, cenderung mengonsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak. Akibatnya, kini muncul kasus diabetes dan obesitas bahkan pada anak usia 10 hingga 14 tahun. Ini menjadi alarm penting bagi dunia pendidikan untuk memperkuat edukasi tentang pangan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT Banjarnegara Agro Mandiri, Trisila Juwantara, sebagai pelaku industri yang berkomitmen terhadap pengembangan produk pangan berbasis potensi lokal. Menyampaikan bahwa pentingnya sinergi antara industri dan lembaga pendidikan dalam menyiapkan SDM vokasi yang siap kerja dan siap berwirausaha di sektor pangan.

“Kami sudah lama bermitra dengan SMK untuk mendukung pembelajaran berbasis industri. Melalui teaching factory, siswa tidak hanya belajar teori, tapi juga praktik langsung mengolah produk lokal seperti nanas atau salak menjadi produk olahan bernilai jual tinggi. Kuncinya adalah keterhubungan antara pendidikan dan pasar,” jelas Trisila Juwantara. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pameran karya siswa SMK percontohan di bidang kuliner dan pengolahan pangan, yang menjadi simbol nyata kolaborasi antara dunia pendidikan, bahasa, dan industri dalam membangun ekosistem pangan nasional yang berkelanjutan.*** (Penulis: Ririn & Tim Badan Bahasa/Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: M. Irfan)

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 662/sipers/A6/X/2025

Penulis: Ririn Ramandani

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Siapkan Guru Profesional, Kemendikdasmen Buka Seleksi PPG bagi Calon Guru Tahun 2025

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen: Pegawai Harus Bekerja Mengutamakan Budaya Kerja Ramah dan Santun

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/10/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Raih Penghargaan Mitra Kolaborasi Karya Cetak dan Karya Rekam (KCKR) Terbaik 2024

Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 14/10/2025