Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Wamen Fajar: Revitalisasi Bukan Hanya Bangunan, Tapi Investasi Masa Depan Murid
Wamen Fajar: Revitalisasi Bukan Hanya Bangunan, Tapi Investasi Masa Depan Murid

Diterbikan pada: 25 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Padang, 25 September 2025 – “Revitalisasi satuan pendidikan bukan hanya memperbaiki bangunan, tetapi membangun masa depan murid. Dengan sarana yang layak dan guru yang kompeten, kita ingin memastikan murid-murid di seluruh Indonesia mendapat kesempatan belajar terbaik,” ujar Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sumatra Barat, 22–23 September 2025.

Dalam dua hari kunjungan, Wamen Fajar meninjau langsung program revitalisasi satuan pendidikan di SMAN 6 Padang dan SMPN 4 Batusangkar, serta bergabung dengan 460 murid SD, SMP, dan SMA untuk melaksanakan Senam Anak Indonesia Hebat (SAIH) di Lapangan Cindua Mato, Tanah Datar, bersama Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Perkembangan Revitalisasi Satuan Pendidikan di Sumatra Barat

Revitalisasi di SMAN 6 Padang dimulai pada 25 Agustus 2025 dengan target penyelesaian awal Desember 2025. Pekerjaan meliputi rehabilitasi enam ruang kelas, satu ruang UKS, satu laboratorium kimia, serta pembangunan satu unit toilet khusus perempuan.

Kepala Sekolah SMAN 6 Padang, Harianti, menuturkan kegiatan belajar tetap berjalan dengan penyesuaian jadwal.
“Harapannya, dengan bangunan yang sudah lebih baik, murid bisa belajar dengan lebih nyaman. Selama ini pembelajaran memang berjalan, tetapi ruang yang kurang layak tentu mengurangi kenyamanan. Dengan adanya revitalisasi, suasana belajar di setiap kelas akan lebih optimal,” ujarnya.

Harianti menambahkan, sebanyak 20 pekerja dilibatkan, mayoritas dari masyarakat sekitar, termasuk alumni dan dua orang tua murid. “Bahan bangunan pun sebagian besar kami beli dari toko sekitar sekolah,” jelasnya.

Program revitalisasi di SMPN 4 Batusangkar dimulai pada 11 Agustus 2025 dengan durasi 140 hari. Lingkup pekerjaan meliputi rehabilitasi ruang kelas, laboratorium, dan perpustakaan, serta pembangunan laboratorium TIK (TEIKA), ruang UKS, dan WC tambahan.

Guru sarana prasarana SMPN 4 Batusangkar, Nanda Angga Putra, menyampaikan perkembangan terkini. “Pembangunan baru sudah mencapai sekitar 40 persen, sementara rehabilitasi sekitar 10–15 persen. Sebelumnya kami hanya memiliki satu WC untuk murid, UKS belum tersedia, dan laboratorium TIK belum memadai. Melalui revitalisasi, fasilitas itu kini sedang dibangun,” ungkapnya.

Ia berharap fasilitas baru ini meningkatkan daya tarik sekolah. “Harapan kami, dengan selesainya revitalisasi ini, sekolah bisa lebih menarik bagi calon murid, sehingga pada penerimaan siswa baru mendatang jumlah pendaftar semakin meningkat,” kata Nanda.

Suasana Meriah Senam Anak Indonesia Hebat

Lapangan Cindua Mato dipenuhi keceriaan 460 murid SD, SMP, dan SMA yang bersemangat mengikuti Senam Anak Indonesia Hebat (SAIH) bersama Wamen Fajar dan Bupati Eka Putra.

Salah satu peserta, Damara Xaiudri, siswa kelas 5 SDN 04 Baringin, mengaku sangat senang. “Rasanya senang sekali bisa ikut senam di lapangan bersama banyak teman. Ini pengalaman pertama bagi saya,” ungkap Damara.

Ia berharap kegiatan seperti ini diadakan lagi. “Saya berharap senam bersama seperti ini bisa diulang, karena seru dan membuat kami semua terasa lebih kompak. Apalagi ini juga pertama kalinya saya senam bersama Pak Wakil Menteri dan Pak Bupati. Jadi tambah berkesan,” ujarnya antusias.

Apresiasi dan Harapan ke Depan

Fajar menyampaikan progres pembangunan di Padang dan Tanah Datar telah mencapai 20–40 persen dan ditargetkan selesai pertengahan Desember. Ia menekankan bahwa revitalisasi bukan hanya soal infrastruktur, melainkan juga berdampak pada ekonomi lokal.
“Program revitalisasi juga memberikan efek ekonomi yang nyata, karena mampu merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar dan menggerakkan roda ekonomi lokal,” jelasnya.

Ia menambahkan, antusiasme sekolah dan dinas pendidikan menunjukkan betapa program ini dibutuhkan. “Ke depan, kami berharap program revitalisasi bisa lebih dikembangkan, sehingga manfaatnya semakin luas. Aspirasi agar lebih banyak sekolah di Sumatra Barat mendapat bantuan tahun depan tentu akan kami bawa ke Jakarta dan sampaikan kepada Pak Menteri,” tutur Fajar.

Fajar juga menyampaikan apresiasi kepada Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatra Barat, pengawas, dan pendamping yang mengawal pelaksanaan program sesuai aturan.

Selain meninjau revitalisasi sekolah, Wamen Fajar juga membuka kegiatan Pelatihan Fasilitator Daerah: Program Pengembangan Kompetensi Guru dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan oleh Balai Guru dan Tenaga Kependidikan (BGTK) Provinsi Sumatra Barat.

Di hari pertama kunjungan, ia memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat, meninjau pembangunan boarding school dan dapur Makan Bergizi Gratis (MBG) di SMK 1 Muhammadiyah Padang, serta berdialog dengan murid SMA INS Kayutanam. Hari berikutnya, ia meninjau persiapan Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tanah Datar dan memberikan kuliah umum di UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Kemendikdasmen menegaskan komitmennya dalam mempercepat peningkatan kualitas pendidikan. Revitalisasi satuan pendidikan diharapkan menciptakan ruang belajar yang aman dan nyaman, sementara kegiatan kebugaran seperti Senam Anak Indonesia Hebat memperkuat karakter murid sebagai generasi sehat, cerdas, dan berdaya saing.*** (Penulis: Rany L./Editor: Denty A., Seno H./Fotografer: Rayhan P.)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
 
Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 593/sipers/A6/IX/2025

Penulis: Rany Larasari

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen Dorong Profesionalisme dan Layanan Prima ASN Pendidikan di Sulawesi Utara

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen

Diterbitkan pada : 26/09/2025

Gambar Konten Terkait
Gebyar PNFI dan Hari Aksara Internasional 2025: Kesalehan Literasi Digital, Membangun Peradaban

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Vokasi

Diterbitkan pada : 25/09/2025

Gambar Konten Terkait
OSN 2025 Torehkan 344 Ribu Pendaftar SD dan 196 Ribu untuk SMP, Mapel IPS Dilombakan pada Jenjang SD

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi

Diterbitkan pada : 25/09/2025