Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Revitalisasi dan IFP di Banjarbaru, Dorong Murid Lebih Antusias Belajar
Revitalisasi dan IFP di Banjarbaru, Dorong Murid Lebih Antusias Belajar

Diterbikan pada: 15 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 15 November 2025 - Transformasi yang dihadirkan melalui Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) memberi dampak nyata bagi satuan pendidikan di berbagai daerah. Salah satunya terlihat di SD Negeri 5 Guntung Manggis, Banjarbaru, sekolah penerima manfaat yang kini merasakan langsung bagaimana semangat Pendidikan Bermutu untuk Semua, melalui program revitalisasi satuan pendidikan dan digitalisasi pembelajaran.
 
Dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, meninjau secara langsung pelaksanaan kedua program tersebut.

“SD Negeri 5 Guntung Manggis ini mendapat bantuan revitalisasi satuan pendidikan untuk tahun 2025, yang terdiri dari empat ruang kelas baru dan dua paket toilet, termasuk toilet untuk disabilitas,” ucap Mendikdasmen di Banjarbaru, Jumat (14/11).
 
Sebelum adanya revitalisasi, sekolah tersebut kekurangan ruangan kelas. Akibat kekurangan ini, ruangan-ruangan seperti laboratorium komputer, IPA, dan ruang UKS pun dialihfungsikan menjadi ruang kelas untuk menampung siswa yang berjumlah 429 anak. Sehingga hadirnya bantuan revitalisasi dinilai sangat membantu peningkatan kualitas proses belajar mengajar di sekolah, karena ruangan-ruangan tersebut dapat digunakan kembali sesuai peruntukannya.
 
Mendikdasmen juga meninjau salah satu kelas yang tengah memanfaatkan Interactive Flat Panel (IFP) dalam pembelajaran kewarganegaraan. Ia menyaksikan langsung antusiasme siswa yang tampak bersemangat saat belajar menggunakan perangkat digital tersebut.

IFP yang diterima sejak 7 Oktober 2025 tersebut digunakan untuk menampilkan materi dari berbagai sumber, seperti Canva, Wayground, Liveworksheet, Kawan Animasiku, Rumah Belajar, serta berbagai materi interatif lain.
 
Ketika disapa oleh Mendikdasmen, mereka mengungkapkan kegiatan belajar menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan adanya digitalisasi ini. Para siswa bahkan berebut giliran untuk mencoba media pembelajaran digital tersebut. Guru pun menyampaikan bahwa kehadiran perangkat ini membantu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menarik.
 
“Mudah-mudahan bantuan revitalisasi dan IFP ini dapat menjadi bentuk dari dukungan Bapak Presiden Prabowo untuk pendidikan, sekaligus usaha kita bersama mewujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua,” tambahnya.
 
Kepala SD Negeri 5 Guntung Manggis, Kesuma Dewi, menambahkan bahwa pelaksanaan program revitalisasi ini melibatkan masyarakat sekitar sebagai upaya memperkuat keberlanjutan hasil pembangunan. Masyarakat berperan dalam proses pengawasan, agar seluruh tahapan pembangunan berjalan sesuai dengan ketentuan teknis dan administrasi yang berlaku. Pada tahap pelaksanaan, pemanfaatan tenaga kerja lokal juga diupayakan sebagai bentuk pemberdayaan dan peningkatan partisipasi lingkungan sekitar.
 
Kesuma mengungkapkan antusiasme anak-anak saat menerima bantuan revitalisasi dan digitalisasi tersebut. “Anak-anak sangat senang dan antusias menerima manfaat dari revitalisasi ini. Selain itu, menurut mereka pembelajaran menggunakan IFP lebih seru dan menyenangkan, karena bisa menggunakan media interaktif secara langsung, yang menarik dan memudahkan anak memahami materi,” urainya.
 
Dengan adanya revitalisasi sarana prasarana serta dukungan teknologi pembelajaran digital, SD Negeri 5 Guntung Manggis diharapkan mampu menjadi contoh satuan pendidikan yang adaptif, inklusif, dan siap menghadapi perkembangan dunia pendidikan masa kini. Pemerintah berkomitmen untuk terus memperkuat pemerataan akses dan kualitas pendidikan demi terwujudnya Pendidikan Bermutu untuk Semua.*** (Penulis: Stephanie/Editor: Ririn, Seno H./Fotografer: Nurlaili)


Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Laman: http://kemendikdasmen.go.id
X: http://x.com/Kemdikdasmen
Instagram: http://instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: http://facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: http://ult.kemdikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: http://kemdikdasmen.go.id/main/blog/category/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Lampiran

Penulis: Stephanie Westiana

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Mewujudkan Pemerataan Pendidikan: Strategi Revitalisasi dan Digitalisasi Pembelajaran di Kawasan 3T

Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Sekjen

Diterbitkan pada : 16/11/2025

Gambar Konten Terkait
Strategi Revitalisasi Satuan Pendidikan dan Digitalisasi Pembelajaran di Kawasan 3T

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Diterbitkan pada : 15/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Raih Penghargaan IMPRA 2025 untuk Kampanye “7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat”

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 15/11/2025