Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Wamendikdasmen Dorong Penguatan Arah Kebijakan dan Semangat Pelayanan Publik di Kalimantan Selatan
Wamendikdasmen Dorong Penguatan Arah Kebijakan dan Semangat Pelayanan Publik di Kalimantan Selatan

Diterbikan pada: 9 November 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 9 November 2025 — Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, memberikan motivasi serta penguatan arah kebijakan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) kepada para pegawai di lingkungan UPT Kemendikdasmen Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan yang berlangsung di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Selatan ini menjadi ajang refleksi capaian sekaligus konsolidasi arah kerja kementerian menjelang akhir tahun 2025.

Dalam arahannya, Wamendikdasmen menyampaikan bahwa berbagai capaian kementerian di bawah kepemimpinan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Mu’ti, merupakan hasil kerja kolektif seluruh jajaran hingga ke tingkat daerah.

“Hampir semua survei nasional menempatkan Kemendikdasmen dan Pak Menteri dalam jajaran sepuluh besar bahkan tiga besar kementerian dengan kinerja terbaik. Ini adalah hasil kerja tim, bukan individu. Dukungan dari seluruh pegawai di daerah, termasuk di Kalimantan Selatan, sangat berperan dalam capaian ini,” ujar Fajar.

Fajar menegaskan, capaian di tahun pertama menjadi modal penting untuk memperkuat langkah kementerian di tahun kedua. Dengan arah kebijakan yang semakin jelas, unit pelaksana teknis (UPT) di daerah diharapkan mampu mengkomunikasikan program dan kebijakan pendidikan nasional secara lebih efektif kepada para pemangku kepentingan di daerah.

Lebih lanjut, Fajar menyoroti pentingnya kesiapan daerah dalam menghadapi berbagai program strategis nasional, salah satunya terkait penambahan Papan Interaktif Digital atau Interactive Flat Panel (IFP) di setiap sekolah, serta rencana pengembangan sekolah terintegrasi di tiap kecamatan yang tengah digodok sebagai program prioritas pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

“Presiden telah menginstruksikan agar di setiap sekolah ditambah tiga IFP. Tahun depan, jika polanya sudah terbentuk, pelaksanaannya tidak akan terlalu sulit. Selain itu, kami juga tengah menyiapkan konsep sekolah terintegrasi antara SD, SMP, dan SMA di setiap kecamatan. Ini akan menjadi kerja besar yang menuntut kesiapan dan kolaborasi semua pihak,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wamendikdasmen juga menekankan pentingnya membangun etos pelayanan publik yang profesional dan adaptif terhadap perkembangan teknologi serta dinamika masyarakat.

“Baik ASN maupun non-ASN di lingkungan Kemendikdasmen harus memiliki semangat pelayanan publik yang tinggi. Di era media sosial, setiap tindakan pemerintah mudah menjadi sorotan. Karena itu, tantangan kita adalah bagaimana membuat hal-hal baik juga bisa viral, bukan hanya yang negatif,” ungkap Fajar.

Selain memberi arahan kebijakan, Wamendikdasmen juga mengapresiasi kinerja BPMP Kalimantan Selatan yang berhasil melaksanakan program nasional, termasuk Tes Kemampuan Akademik (TKA), Revitalisasi, dan Bahasa Daerah, dengan dukungan penuh dari pemerintah provinsi.

Kepala BPMP Kalimantan Selatan, Yuli Haryanto, menyampaikan bahwa pelaksanaan TKA di wilayahnya berjalan lancar meskipun menghadapi kendala teknis.

“Kami bersyukur pelaksanaan TKA berjalan baik berkat dukungan pemerintah daerah. Revitalisasi bahasa daerah pun aktif dilakukan di seluruh kabupaten/kota. Sinergi antara pusat dan daerah menjadi kunci kelancaran program-program Kemendikdasmen di Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Di akhir arahannya, Wamendikdasmen mengajak seluruh jajaran UPT untuk terus menumbuhkan komitmen pelayanan publik dan regenerasi sumber daya manusia yang unggul.

“Kementerian ini harus diisi oleh orang-orang terbaik dari republik ini. Hanya dengan SDM yang brilian dan berintegritas, kita bisa mewujudkan kementerian yang benar-benar melayani,” pungkasnya.

Melalui penguatan kebijakan, kolaborasi, dan komitmen pelayanan publik, Kemendikdasmen bertekad mewujudkan pendidikan bermutu yang merata di seluruh Indonesia, sampai ke pelosok daerah.*** (Penulis & Fotografer: Shaka/Editor: Denty A., Seno H.)

Penulis: Shaka

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Berikan Layanan Psikososial untuk Pemulihan Fisik dan Mental Murid SMA Negeri 72

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 10/11/2025

Gambar Konten Terkait
Wamendikdasmen Atip: Sarana dan Prasarana yang Memadai Kunci Terwujudnya Joyful Learning

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 07/11/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Apresiasi Peran Lembaga Dalam Wujudkan Sekolah Sehat

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 07/11/2025