Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Dari Inspirasi ke Kolaborasi: Harmoni Gagasan untuk Pendidikan Bermutu
Dari Inspirasi ke Kolaborasi: Harmoni Gagasan untuk Pendidikan Bermutu

Diterbikan pada: 30 Oktober 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Jakarta, 28 Oktober 2025 - Peluncuran buku “Pendidikan Bermutu untuk Semua: Menggali Pokok-Pokok Pikiran Abdul Mu’ti” menjadi ajang pertemuan gagasan lintas generasi tentang masa depan pendidikan Indonesia. Buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) bekerja sama dengan KG Media ini bukan sekadar dokumentasi kebijakan, melainkan ruang dialog antara pemerintah, akademisi, praktisi, dan masyarakat pendidikan yang memiliki satu semangat menghadirkan pendidikan yang inklusif, berkeadilan, dan bermakna bagi semua.

Acara peluncuran yang berlangsung hangat di Jakarta pada 27 Oktober 2025 ini mempertemukan beragam pandangan yang berirama dalam satu nada pendidikan sebagai sarana membangun bangsa yang maju dan bermartabat.

Harmoni Gagasan dari Berbagai Tokoh

Kepala Kantor Staf Presiden M. Kodari memuji sosok Abdul Mu’ti sebagai representasi nilai kesederhanaan dan keteladanan yang lahir dari tradisi pendidikan Muhammadiyah. “Abdul Muti adalah pendidik sejati yang tidak hanya berbicara soal kebijakan, tapi memberi teladan hidup sederhana dan bekerja nyata. Presiden Prabowo menginginkan semua anak Indonesia memperoleh akses pendidikan berkualitas, dan Abdul Mu’ti menjadi bagian penting dalam mewujudkan visi besar itu,” ujarnya.

Ia juga menyoroti langkah konkret pemerintah melalui program seperti Sekolah Rakyat dan revitalisasi digital sekolah yang memperluas akses pendidikan bagi anak-anak di seluruh pelosok Indonesia.

Dari kalangan akademisi, Johanes Haryatmoko menyoroti gagasan pembelajaran mendalam (deep learning) yang menjadi fondasi pendekatan baru dalam pendidikan dasar dan menengah. “Abdul Mu'ti tidak hanya berbicara soal kurikulum, tapi tentang bagaimana peserta didik berpikir reflektif dan kritis. Pendidikan yang mendalam membuat anak-anak kita tidak sekadar tahu, tapi mampu menalar dan menafsirkan realitas dengan cara mereka sendiri.”

Sementara, Stephanie Riady menekankan pentingnya penguatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) sebagai kunci peningkatan Human Capital Index Indonesia. “STEM bukan soal menambah pelajaran, tapi soal perubahan cara berpikir, berpikir kritis, analitis, dan kolaboratif. Abdul Mu’ti mendorong agar guru mengajar dengan cara yang bermakna, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan.”

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh menegaskan pentingnya keberlanjutan kebijakan pendidikan yang diperjuangkan Mu’ti. “Pendidikan tidak boleh terjebak pada tren jangka pendek. Abdul Mu’ti memahami persoalan dan mampu mengeksekusi solusi. Beliau menjaga kesinambungan gagasan agar kebijakan pendidikan tidak berhenti di pergantian periode.”

Kolaborasi untuk Pendidikan yang Bermutu

Dari kalangan legislatif, Hetifah Sjaifudian dari Komisi X DPR RI menyebut Abdul Mu’ti sebagai sosok mitra kerja yang tenang, bijak, dan responsif. “Beliau memimpin dengan kesabaran dan kejernihan berpikir. Buku ini menjadi peta jalan menuju pemerataan mutu pendidikan yang berkeadilan dan relevan. Kami di Komisi X siap memperkuat sinergi untuk memastikan kebijakan pendidikan terus berkelanjutan,” ungkap Hetifah.

Sementara dari para guru dan mitra pendidikan internasional berbagi pengalaman nyata tentang implementasi kebijakan yang digagas Kemendikdasmen.

Muhammad Yahya, guru SMPN 8 Tangerang Selatan, menyebut program Tujuh Jurus BK Hebat sebagai bentuk nyata pendidikan yang menyenangkan dan membahagiakan peserta didik. Ilmiati Ikhtiar, peserta benchmarking PM ke Australia, mengisahkan bagaimana praktik pembelajaran reflektif dan interdisipliner menghidupkan peran aktif siswa di kelas. Sedangkan Yosep Darmabrata dari United Nations Global Compact menyoroti pentingnya pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 4 – Quality Education for All).

Hadirnya buku “Pendidikan Bermutu untuk Semua” menandai fase baru kolaborasi pendidikan Indonesia, pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat berjalan beriringan untuk memastikan setiap anak mendapatkan hak belajar yang bermakna.
“Pendidikan yang baik tidak lahir dari satu orang, melainkan dari semangat bersama untuk mendengarkan, berdialog, dan bertindak. Setiap gagasan harus diwujudkan menjadi aksi nyata demi masa depan anak-anak Indonesia.” pernyataan Abdul Mu'ti.

Peluncuran buku ini bukan akhir, melainkan awal dari langkah panjang menuju pendidikan yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) bagi seluruh anak Indonesia.*** (Penulis & Fotografer: Irfan/Editor: Denty A., Seno H.) 

 

Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah


Laman: kemendikdasmen.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemendikdasmen.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemendikdasmen.go.id/pencarian/siaran-pers

#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah

Sumber: Nomor: 698/sipers/A6/X/2025

Penulis: Muhammad Irfan

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kolaborasi Indonesia – Prancis Perkuat Mutu Guru Vokasi di Bidang Kuliner

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Diterbitkan pada : 01/11/2025

Gambar Konten Terkait
Transformasi Pendidikan yang RAMAH dan Inovatif, Mendikdasmen Lantik Pejabat Baru

Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 31/10/2025

Gambar Konten Terkait
Luncurkan Bulan Guru di SLB, Mendikdasmen: Guru Adalah Agen Perubahan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi

Diterbitkan pada : 31/10/2025