Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Informasi Publik Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Wujud Partisipasi Semesta, Kolaborasi Kemendikdasmen dan Pelajar Dukung Pelaksanaan TKA
Wujud Partisipasi Semesta, Kolaborasi Kemendikdasmen dan Pelajar Dukung Pelaksanaan TKA

Diterbikan pada: 22 September 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Bogor, 20 September 2025 — Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Gogot Suharwoto, menegaskan pentingnya Tes Kemampuan Akademik (TKA) sebagai instrumen objektif untuk mengukur potensi dan kompetensi siswa. Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan sosialisasi TKA yang digelar di SMA Muhammadiyah Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/9).

Kegiatan sosialisasi ini menjadi istimewa karena diinisiasi oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang berkolaborasi dengan Kemendikdasmen. Kolaborasi ini menunjukkan partisipasi pelajar dalam mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua.

“Tes ini bukan sekadar ujian, tetapi sarana untuk mengukur kemampuan siswa secara objektif. Dengan TKA, kita bisa mengetahui sejauh mana keterampilan dan pemahaman siswa, sekaligus memetakan bakat serta potensi masa depan mereka,” ujar Gogot di hadapan sekitar 700 pelajar yang mengikuti sosialisasi.

Dirjen Gogot menekankan, TKA akan membantu siswa mengasah kemampuan sekaligus menyiapkan diri bersaing secara global. “Kita perlu ukuran yang setara dengan standar dunia. Apakah kemampuan Matematika, Biologi, atau Kimia siswa Indonesia bisa bersaing dengan siswa dari negara lain? Untuk menjawabnya, kita butuh TKA,” jelasnya lebih lanjut. 

TKA hadir untuk menyatukan standar penilaian pendidikan di Indonesia pasca ditiadakannya Ujian Nasional. Selama ini standar penilaian sangat beragam antar sekolah. TKA hadir sebagai instrumen penilaian yang obyektif, sehingga hasilnya dapat diakui secara nasional. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikdasmen, Anang Ristanto, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya memberikan sosialisasi, tetapi juga simulasi langsung TKA. “Dengan simulasi, siswa dapat lebih siap dan percaya diri saat menghadapi TKA. Kami mengajak seluruh pelajar kelas XII yang belum mendaftar agar segera melakukan pendaftaran melalui laman resmi https://tka.kemendikdasmen.go.id/,” pesan Anang. 

Mewakili Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Riandy Prawita selaku ketua umum, menyampaikan bahwa TKA memberikan manfaat besar bagi siswa. “TKA bukan kewajiban, karena hasilnya dapat dibutuhkan murid untuk digunakan dalam berbagai kepentingan, termasuk untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kami mengajak seluruh pelajar Indonesia untuk tidak ragu mengikuti TKA,” katanya.*** (Penulis & Fotografer: Shaka G./Editor: Denty A., Seno H.)

Penulis: Shaka

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekjen

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Semangat Duta SMA Sosialisasikan TKA Kepada Teman Sebaya di Sekolah

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Sekjen

Diterbitkan pada : 22/09/2025

Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Perkuat Peran Ekosistem Perbukuan Nasional Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 21/09/2025

Gambar Konten Terkait
Sinergi Kemendikdasmen bersama Komisi X DPR RI Percepat Gerakan 7 KAIH Demi Generasi Emas 2045

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua Kepemilikan Konten Sastrawan Kepemilikan Konten Pegiat Literasi Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter

Diterbitkan pada : 21/09/2025